ORGANISASI RAKYAT

ORGANISASI RAKYAT


1. Empat Unsur Gerakan

Perjuangan Rakyat berhenti bila tidak ada organisasi sebagai sebagai penggerak perjuangan. Utuk mencapai tujuan-tujuan perjuangan nya, kaum rakyat mutlak harus membuat dan memperjuangkan organisasi sebagai penggerak perjungan. Perjungan tanpa organisasi tidak akan berhasil.Organisasi rakyat harus dibangun oleh petani sendiri, masyarakat adapt sendiri mualai dari hingga besar,mulai dari sedikit hingga banyak,mulai dari persoalan kecil hingga besar,dan seterus nya.

Organisasi rakyat membutuhkan orang-orang(rakyat) yang mengapdikan diri nya utuk berjuang,orang-orang inilah yang disebut kader.Tanpa kader organisasi akan mandul,tidak akan mampu menjadi penggerak perjungan. Organisasi rakyat,tidak cukup hanya dengan tujuan perjuangan yang jelas ,organisasi yang bergerak terus, dan kader yang tangguh. Satu unsure pokok yang lainya adalah massa.Tanpa massa semua itu cuma perjungan untuk diri sendiri.Massa adalah ibu dari tujuan perjuangan,organisasi,dan kader itu sendiri.

Empat kesatuan yang akan menjamin perjungan rakyat:
■ Tujuan perjungan Rakyat yang jelas,
■ Organisasi rakyat yang bergerak terus,
■ Kader yang tangguh,dan
■ Massa rakyat yang menyatu.

2. Tingkatan Organisani Rakyat

Oganisasi rakyat merupakan kekuatan yang memperjuangkan kepentingan rakyat. Perjuangan kepentingan rakyat.Perjungan kepentingan rakyat tidak akan ada henti-hentinya.Sebab,musuh tidak akan henti-hentinya mengancam dan menindas kepetingan rakyat. Perjungan kepentingan,juga tidak hanya terbatas pada satu wilayah desa saja.Sebab,musuh juga bergerak cecaranasional bahkan internasional.Perjungan rakyat harus menjadi gerakan besar.Dengan berdasar/berbasis di desa-desa hingga seluruh Indonesia.Karena itu,organisasi rakyat yang sejati harus juga dibangun dari kecil hingga besar,dan dari local hingga nasional.

Organisasi rakyat harus bertingkat.Tingkat paling dasar adalah organisasi local.Organisasi local merupakan dasar /pondasi organisasi.Organisasi-organisasi local lalu bersatu dalam organisasi massa rakyat wilayah.Kemudian,organisasi-organisasi massa rakyat wilayah (missal:Barito Utara dan wilayah kalteng)bersatu hingga menjadi organisasi massa rakyat pusat(nasional).

a.Organisasi Rakyat Lokal
Organisasi local adalah kumpulan kader-kader rakyat pada tingkat yang paling bawah.Masalah-masalah kongkrit yang di hadapi oleh rakyat adalah pada tingkat local.Karena itu,perjungan rakyat adalah tingkat local.karena,itu perjuangan rakyat yang mendesak ada pada tingkat local.Masalah-masalah kongkrit di lapangan selalu datang.Karena itu,kader-kader rakyattingkat local selalu mengorganisir diri dalam suatu kesatuan yang disebut organisasi.

Paling tidak,organisasi local dipimpin oleh seorang pimpinan yang di dampingi oleh seorang seketaris.Pengaturan-pengaturan segala sesuatu bisa ditentukan secara musyawarah dalam pertemuan-pertemuan yang di selenggarakan secara rutin dan terus-menerus.Pada organisasi local,disebabkan antara kader dengan massa..kader adalah orang-orang terpilih karena pengapdianya pada perjungan dan mempunyai keahlian khusus yang berguna dalam perjuangan .sedangkan massa adalah rakyat yang mengalami penindasan/pemerasan dari musuh-musuh rakyat.Kader jumlahnya jauh lebuh sedikit dari massa .Organisasi-organisasi tingkat lokal rakyat seperti:Kelompok petani rotan,Kelompok petani beje,Kolompok Usaha Bersana(KUB)dan lain sebagainya.

Tugas Organisasi local adalah melakukan :

• Perjungan-perjungan massa dengan aksi kongkrit ditingkat local.Perjungan yang ditunjukan secara langsung dan nyata membelah massa rakyat.Seperti,menolak penggusuran hak-hak kelola hutan gambut.
• Melakukan perjungan perubahan kebijakan politik local mengenai ekonomi-politik agar kepentingan rakyat lebih menjamin.Misal nya memproses aparat pemerintah karena mengijinkan modal besar mengambil wilayah-wilayah kelola rakyat di hutan gambut,menuntut pihak-pihak social budaya orang local (Dayak Ngaju), pengakuan tanah adat,dan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi rakrat koban PT.HGU.
• Melakukan pendidikan langsung pada kaum rakyat.
• Mempengaruhi pendapat umum di tibgkat desa mengenai masalah-masalah rakyat dan perjuangan kaum rakyat

b.Organisasi massa rakyat wilayah


Oganisasi massa rakyat wilayah merupakan kumpulan kader-kader terpilih dari organisasi-organisasi local, karena pengapdian nyadalam berorganisasi. Organisasi massa rakyat wi;ayah berbasiskan organisasi-organisasi local. Organisasi massa rakyat wilayah di bentuk ketika basis-basis di organisasi local telah kuat.organisasi-organisasi Rakyat di tingkat wilayah, bisa lingkup di kabupaten kapuas,Barito selatan,Pulang pisau,dan Kalimantan tengah. Seperti:Aliansa Masyarakat Adat Kalimantan Tengah, Aliansa Rakyat Pengelola Gambut (ARPAG), SErikat Petani Pasudan.

Tugas pokok organisasi massa rakyat wilyah adalah:
•Melakukan aksi-aksi massa pada tingkat wilayah, yang secara langsung membela kepentingan rakyat.
•Memperjuangkan kebutuhan kebijakan pemerintah pada tigkat wilyah, agar kepentingan rakyat lebih terjamin.
•Melakukan pendidikanbagi kader-lader organisasi local dan pembinaan organisasi local secara langsung .
•Membuat dan mengatur kerjasama dengan organisasi (kelompok) dari sector lain, demi menyonsong organisasi maupun local organisasi massa rakyat wilayah sendiri.
•Mempengaruhi pendapat umum di tingkat wilayah mengenai masalah-masalah rakyat dan perjuangan kepentingan rakyat.

c.Organisasi massa rakyat pusat (Nasional)

Organisasi massa rakyat pisat (nasional) merupakan persatuan dari berbagai massarakyat wilayah.organisasi massa rayat terpusat merupakan kumpulan kader-keder terpilih organisasi massa nelayan.Wilayah karena pengapdianya dan kemampuanya. Organisasi massa rakyat pusat di bentuk kalau organisasi massa rakyat wilayah telah berdiri dan kuat. Organisasi rakyat di tingkat Nasional seperti: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Federasi Petani Tugas pokok organisasi massa rakyat adalah:
• Melakukan aksi-aksi massa pada tingkat nasional (pusat) yang secara langsung membelah kepentingan nelayan.
• Memperjuangkan perubahan kebijakan-kebijakan politik pemerintah pusatmengenai ekonomi-politik pertanian agar kepentingan rakyat terjamin.
• Melakukan pendidikan-pendidikan kadre rakyat tingkat pusat.
• Mempengaruhi pendapat umum di tingkat nasional mengenaimasalah-mesalah dan perjuangan kepentingan rakyat.
• Melakukan kerja sama dengan organisasi (kelompok-kelompok)dan sector lainya –baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

3.Pemimpin Organisasi Rakyat

Dalam organisasi, pemimpin mempunyai peran yangb penting. Pemimpin adalah orang yang dipilih oleh anggota untuk mengarahkan jalanya perjuangan. Anggota memilih seseorang menjadi pemimpin harus karena orang tersebut memang telah teruji pengapdian dan kemampuanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "ORGANISASI RAKYAT"

Posting Komentar