Bencana atau Berkah ?

Bencana atau Berkah ?
Persoalan,kelaparan,kekeringan,kebanjiran,gempa bumi ,pelacuran,trapiking dan lain sebagainya……merupakan persoalan individu yang sangat komplet ( seperti jamu yang laris di pasaran )
Dimana satu pihak untuk promosi,di lain pihak untuk konsumsi .
Di media Nasional maupun Lokal korupsi,kejahatan lingkungan,social masyarakat dan lingkungan dan persoalan Tenaga kerja yang juga merupakan tanggung jawab siapa semuanya tidak jelas.di mana persoalan itu akan terus menerus akan berlanjut dan akan menjadi sebuat tren’pola’ yang sangat sensasional.
Tahun ini bencana, gempa bumi di pulau jawa,kebanjiran di Mandailing Sumatra,kabut asap di Kalimantan,semuanya seperti kabar berita di media yang membuat opini dan bahan diskusi yang berkepanjangan dan hasil yang tidak jelas,,,,,,,,,,karena pertanyaannya siapa,kenapa dan sebab akibat yang semuanya tidak jelas. Dimanakah Manusia yang dulu berkicau peduli dengan rakyat,,,,,,,,,Lupa…..???????? Jawabannya dari mana mulainya dan sampai mana berakhirnya dan akan selalu terus berulang. Bingung ………………………Tidak jelas.
Suasana Hari Raya /lebaran masih menyisakan kegembiraan dan kebahagian di mana saatnya saling bermaaf-maafan,di mana persoalan hanya bisa selesai bila ada kata “maaf” yangsudah menjadi tradisi yang tidak jelas kapan memulainya dan kapan berakhirnya.
Arus mudik dan balik yang sudah menjadi tradisi dari nenek moyang kita dulu sebenarnya merupakan ikon yang sangat penting dalam budaya kekerabatan Negara tercinta ini yang setiap tahun akan menjadi asset atau Pendapatan Daerah,tetapi juga akan menjadi polemic yang tidak jelas di mana Pekerjaan dan tuntutan perut yang merupakan sebuah impian dan harapan masa depan,yang membuat manusia berlomba tidak peduli akan resiko yang bakal di hadapi.
Musibah dan berkah yang mengunakan praktek illegal dan Halal seperti penipuan pola Penyalur tenaga kerja ,Urbanisasi dan Imigran yang menjadi persoalan dan bahan konsumsi kita hari-hari,apakah itu merupakan sebuah mimpi ,atau semuanya ….tidak jelas.

Palangkaraya,28 September 2009
Oleh Thomas Wanly.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Bencana atau Berkah ?"

Posting Komentar